Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui
pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan
prinsip-prinsip kolegilitas dan mutual learning untuk membangun
komunitas belajar (Susilo, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan penerapan lesson study di SMA Negeri 9 Malang; 2) hasil belajar
Biologi siswa SMA Negeri 9 Malang pada penerapan lesson study. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dilakukan
pada empat kelas dengan dua guru model. Guru model Ana Rokhmawati mengajar di
kelas X.5 dan X.6 sedangkan guru model Arga Tryandana mengajar di kelas X.7 dan
X.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan lesson study di SMA Negeri 9 Malang mengalami peningkatan
pada setiap tahapan plan, do, dan see. Hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 9
Malang pada penerapan lesson study mengalami peningkatan baik hasil belajar
kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada setiap kelas X.5, X.7, X.4, dan X.6
memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar
sebelum penerapan pembelajaran
melalui lesson study.
Copyright © 2016 STKIP PGRI LUMAJANG. All Right Reserved.