JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

LESSON STUDY SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

LESSON STUDY SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
Volume 7 - No 2
Tahun Publikasi: September 2017
Ana Rokhmawati, Herawati Susilo, Sofia Ery Rahayu
Download Artikel

Abstract

Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegilitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Susilo, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan penerapan lesson study di SMA Negeri 9 Malang; 2) hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 9 Malang pada penerapan lesson study. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dilakukan pada empat kelas dengan dua guru model. Guru model Ana Rokhmawati mengajar di kelas X.5 dan X.6 sedangkan guru model Arga Tryandana mengajar di kelas X.7 dan X.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan lesson study di SMA Negeri 9 Malang mengalami peningkatan pada setiap tahapan plan, do, dan see. Hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 9 Malang pada penerapan lesson study mengalami peningkatan baik hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada setiap kelas X.5, X.7, X.4, dan X.6 memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar sebelum penerapan pembelajaran melalui lesson study.

 

Keyword

: lesson study,hasil belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak